Nov 10, 2014

Membuat Pot Bunga Menggunakan Kawat dan Batu

Bila bosan dengan jenis pot tanaman yang biasa-biasa saja, Anda bisa bereksperimen membuat pot dengan tampilan yang unik tapi tetap dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah kita dapatkan di sekitar kita.




Kali ini kita akan membuat pot yang dibuat menggunakan kawat, semen dan batu. Jenis kawat yang digunakan adalah kawat jaring yang biasanya digunakan untuk mengayak pasir supaya halus. Kawat ini mudah di dapatkan di toko material. Sedangkan jenis batu yang digunakan batu yang berbentuk kecil seperti koral putih kecil atau batu panca warna.

Gulungan karton duplex sebagai cetakan untuk semen, sebaiknya dibuat dua
lapis agar kuat menahan semen.

Gulungan kawat pertama, diameternya harus lebih kecil dari gulungan
karton duplex.

Gulungan kawat bagian dalam yang diameternya lebih kecil dari diameter
kawat bagian luar.
Pertama kita membuat bulatan menggunakan karon duplek, dengan ketinggian sekitar 2 cm, dan diameter sekitar 15 cm. Kemudian kita lem ujung karton tersebut.

Selanjutnya kita buat lingkaran menggunakan kawat dengan ketinggian sekitar 15 cm dan diameter 14 cm. Ujung-ujung kawat bisa kita rekatkan menggunakan kawat tali. Gulungan kawat ini adalah sebagai penahan batu bagian luar. Berikutnya kita buat gulungan kawat sebagai penahan batu bagian dalam dengan ketinggian sama yaitu 15 cm dan diameter sekitar 9 cm.

Berikutnya kita tuangkan adonan semen kedalam bulatan kertas. Kita masukkan gulungan kawat bagian luar ditengah-tengah kertas, dan gulungan kawat yang lebih kecil di tengah-tengah kawat yang pertama radi.

Gunakan benda berat sebagai penahan agar gulungan karton tetap bulat.
Kita bisa menambahkan lubang pembuangan air di tengah-tengah semen dengan menambahkan kayu bulat, atau bekas spidol, ke dalam semen.

Gunakan kayu bulat atau bekas spidol/bolpen untuk membuat lubang
di tengah semen.
Setelah semen mengering, cabut batang kayu/spidol dari semen dan pastikan bolong di temgah semen tidak tertutup. Lalu lepaskan pula gulungan karton yang menutupi semen.

Tambahkan potongan ban dalam bekas di bagian bawah semen sebagai ganjalan.

Tambahkan ganjalan dari ban dalam bekas. lem menggunakan lem bakar.

Lapisi kawat dengan cat clear atau plitur agar tidak berkarat.

Masukkan batu diantara gulungan kawat bagian luar dan kawat bagian dalam.
Lapisi kawat dengan cat semprot clear, atau bisa juga menggunakan plitur dan kuas, agar kawat tidak berkarat.

Tambahkan batu-batu di antara kawar bagian luar dan kawat bagian dalam. Lalu kita bisa mulai menambahkan tanah dan tanaman yang kita kehendaki.
Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment