Nov 10, 2014

Membuat Hiasan Berbentuk Kaktus Menggunakan Batu Koral

Prakarya berikut ini sangat cocok untuk dilakukan bersama anak-anak kita untuk melatihnya berkreatifitas. Prakarya ini adalah kegiatan melukis di atas batu hingga betu tersebut menjadi terlihat seperti pohon kaktus.





Pertama kita siapkan dulu batu-batu yang berbentuk pipih dan permukaannya halus, lalu kita cuci dan kita keringkan.

Setelah batu siap, kita tempelkan batu yang lebih kecil di atas batu yang lebih besar, dan mengelemnya menggunakan lam bakar. Agar lebih mudah dalam proses pewarnaan, kita harus menaruh batu dalam posisi berdiri, dengan bantuan alat jepit, atau clamp.

Berikutnya kita bisa mulai proses pewarnaan dengan menggunakan cat kayu atau cat besi. Di sini saya menggunakan cat warna putih, dan untuk mendapatkan warna yang dibutuhkan, yaitu warna hijau, saya mencampurnya dengan cat minyak. 


Berdirikan batu menggunakan penjepit / clamp

Tempelkan batu yang lebih kecil menggunakan lem bakar

Lapisi seluruh permukaan batu dengan cat warna hijau muda

Untuk mendapatkan variasi warna cat, bisa menggunakan cat putih dan
cat minyak sebagai pigmen/pewarnanya.

Lapisi seluruh permukaan batu dengan cat warna hijau muda. Bila cat sudah mengering, kita bisa melanjutkan dengan memberi motif garis-garis dengan meggunakan cat warna hijau tua. lalu untuj efek durinya kita bisa menggunakan cat warna putih

Tambahkan motif garis-garis hijau tua

Tambahkan titik putih sebagai efek duri

Setelah beberapa buah batu selesai kita warnai, kita bisa menempatkannya diatas pasir dengan wadah berupa toples kecil, atau pot tanah liat kecil.

Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment