Sep 28, 2014

Mensiasati Kartu Micro SIMCard yang Salah Potong

Saya baru saja membeli hape keluaran terbaru, ahem. Namun sialnya karena kurang teliti membaca spesifikasinya akhirnya saya baru tahu kalau hape tersebut hanya bisa menggunakan kartu Micro SIMCard. Sedangkan saya menggunakan kartu pasca bayar yang sudah saya gunakan sekitar 8 tahun lamanya, dan kartu tersebut berbentuk standar alias bukan Micro SIMCard.



Setelah mencari di Google tentang cara memotong kartu SIM Card standar menjadi MicroSIMCard, akhirnya saya beranikan diri mencoba dengan menggunakan SIMCard yang tidak terpakai.

Bahan yang saya gunakan cukup sederhana, yakni hanya gunting dan hamplas.

Percobaan pertama pada kartu XL yang sudah tidak terpakai berhasil. Kartu bisa terbaca walaupun sudah cukup lama tidak aktif dan tak ada pulsanya.

Percobaan pertama berhasil. Perhatikan empat ruas pada Chip
Awalnya saya tak menyadari bahwa SIMCard memiliki Chip yang besarnya berbeda dan memiliki jumlah ruas yang berbeda pula. Kartu XL yang saya gunakan untuk uji coba memiliki ukuran Chip yang besar hingga setelah dipotong menjadi Micro SIMCard maka bentuknya menjadi seperti gambar di atas.

Perbedaan ukuran Chip pada SIMCard


Saya biasa menggunakan hape dengan dual SIM. Lalu saya putuskan untuk memotong kartu secondary SIM saya, yaitu AXIS prabayar yang saya gunakan khusus untuk internet.

Saya tak menyadari perbedaan ukuran Chip yang lebih kecil serta jumlah ruas pada Chip. Yang jadi patokan saya adalah area kiri dan kanan sama. Akhirnya potongan kartu SIMCard itu pun gagal dan tidak bisa terbaca.

Kartu sebelum dipotong. Perhatikan jumlah 3 ruas pada Chip
Setelah saya putar otak bagaimana caranya agar kartu yang gagal itu bisa terbaca, akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa bagian Chip yang dibaca oleh hape adalah dimulai dari sebelah kiri.

Akhirnya saya potong lagi bagian kiri SimCard hingga mepet sampai menyentuh Chip, lalu saya hamplas. Supaya bisa masuk ke dalam hape, saya terpaksa harus membuat potongan kecil dari sisa SIMCard untuk mengganjal agar SIMcard tidak lepas.

Kartu SIMCard yang salah potong terpaksa diberi ganjalan.

Setelah diberi ganjalan, akhirnya Micro SIMCard saya pun bisa terbaca! Horee..!!!

Tantangan selanjutnya adalah memotong kartu utama saya, yaitu kartu HALO Pasca Bayar.

Kesalahan yang sama ternyata masih saya lakukan. Saya masih berpedoman pada percobaan pertama saya pada SIMCard XL yang tidak terpakai tadi. Kartu Pasca Bayar saya ternyata memiliki 3 ruas, beda dengan percobaan pertama yang memiliki 4 ruas. Namun saya ragu, masa sih harus memotong sebagian Chip sebelah kiri? Saya akhirnya memutuskan memotong mengikuti bentuk SIMcard pada percobaan pertama.


Setelah mendapati kenyataan SIMCard HALO saya tidak bisa terbaca, akhirnya saya melakukan siasat yang sama seperti pada kartu secondary saya. Kartu HALO saya kikis bagian sebelah kirinya hingga bagian sebelah kiri dari Chip habis, lalu saya hamplas.

Perkiraan kartu HALO Sebelum dan sesudah dipotong.

Lalu saya buat potongan kecil untuk mengganjal kartu HALO tersebut hingga akhirnya bisa terbaca oleh hape saya. Thanks God.

Tampilan Chip kartu HALO lupa saya foto. Kalau saya buka repot memasang ganjalannya lagi jadi saya henya bisa menampilkan visualisasi / perkiraan seperti gambar di atas.

Kartu utama dan kartu kedua sama-sama salah potong. Ha ha ha.
Oke, selamat mencoba.

Reactions:
Categories:

15 comments:

  1. terima kasih atas panduannya, saya juga salah potong sim card, nemu blog ini, saya coba dan sekarang sim card saya berfungsi kembali. Sekali lagi, terima kasih banyak atas panduannya, sangat membantu sekali (y)

    ReplyDelete
  2. Thanks... simcard sy kembali berfungsi setelah salah potong,nice post :)

    ReplyDelete
  3. Alatnya untuk potong micro sd brp yah gan ha rganya?
    Baca juga Info Komunitas Online Megapolitan => Infonitas.com

    ReplyDelete
  4. Kalo buat ditablet siasatinnya gimana ya?

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas infonya.. sangat membantu.. kartu ku sudah terbaca lagi..

    ReplyDelete
  6. Yang tablet al hasil beli kartu baru syang ya

    ReplyDelete
  7. Joss manjur,,.. wal hasil internet lanjut. Trims yei...

    ReplyDelete
  8. makasih informasinya.....saya sangat terbantu. kartu SIM khusus internet yg baru saya beli bisa digunakan. makasih banyak ya.....

    ReplyDelete
  9. Klo yg di potong atas ama bwah bs gk gan ya
    Thanks infonya

    ReplyDelete
  10. Klau kuningnya kepotong buat kartu nano gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kepotongnya gak terlalu banyak kynya sih masih bisa disambung, yg penting masing2 ruas nempel ke soket yg ada di hpnya, liat ada bekas gesekannya, ada yg kepotong gak

      Delete
  11. Terimakasih, sangat membantu

    Jangan lupa kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete
  12. sim ane panjang kuningannya terlalu panjang gan.. mau dipotong ke nano jadi takut karna kuningannya kepanjangan apa bisa kalo dipotong kuningannya msih bisa tersambung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicek dulu aja bekas jalur gesekan ke hapenya, yang penting gak hilang bagian yang konek ke hapenya

      Delete
  13. Punya saya sim card nya sudah ada yang ukuran micro nya pas saya beli hp baru, karena hp saya yang dulu rusak, nah sekarang hpnya udah betul, tu gimana cara perbaikinya agar kembali, ke ukuran semula soalnya bekas potonganmya udah kebuang, itu gimana ?

    ReplyDelete