May 5, 2014

Uang dari Internet? Memang Ada! - Bagian 2

Menjual Produk Kreatif
Bila pada bahasan sebelumnya, yaitu menjual jasa melalui internet, kita memasang hasil karya kita seperti logo, web design, ilustrasi, dll, sebagai contoh karya untuk dilihat-lihat oleh calon klien, maka pada bahasan ini hasil karya kita tersebut bisa langsung kita jual.

Kita bisa menjual produk kreatif seperti 3D modeling, ilustrasi, logo, fotografi dan lain sebagainya. Kita bisa menjual karya-karya tersebut dengan cara menitipkan di situs-situs yang memang sengaja dibangun untuk tujuan tersebut. Biasanya sistim bagi hasilnya berupa royalty, dengan presentase yang berbeda-beda tergantung situsnya. Dengan system titip seperti ini kita tidak perlu pusing memikirkan mencari pembeli dan membangun situs sendiri untuk menjual karya-karya kita.

Affiliate Marketing
Kalau Anda tidak memiliki modal untuk membuka took online sendiri, jangan khawatir, karena di dunia maya banyak sekali pemilik produk yang membutuhkan penjual. Anda bisa menjual barang-barang milik mereka dan mendapatkan komisi sekian persen dari setiap barang yang berhasil Anda jual.

Ada beragam barang dan jasa yang bisa Anda jual, mulai dari web hosting, alat elektronik, buku, obat-obatan, dan banyak lainnya. Bahkan bila Anda mendaftar menjadi affiliate marketing di Amazon, Anda bisa menjual produk apapun yang mereka jual.

Beragam cara bisa Anda tempuh untuk menjual barang-barang tersebut, mulai dengan membuat situs sendiri dan mempromosikan produknya sampai mempromosikannya di media social.

Pemasangan Iklan Sponsor
Bila Anda memiliki situs yang banyak sekali pengunjungnya setiap hari, maka Anda memiliki kesempatan untuk menawarkan space di situs Anda untuk dipasangi banner sponsor. Sebaiknya banner sponsor tersebut berkaitan erat dengan artikel-artikel yang ada di situs Anda tersebut.

Bila Anda seorang make-up artis yang sering menulis tutorial tentang teknik merias wajah, maka Anda bisa menawarkan space pada produsen produk kecantikan, misalnya. Dengan demikian Anda pun menjadi endorser dari produk-produk si pemasang iklan tersebut.

Misalkan Anda memasang sebuah foto saat Anda merias wajah seorang artis sementara Anda memegang bedak dengan merek tertentu yang terlihat sangat jelas di foto tersebut, tak etis kan kalau bannernya memasang bedak merek A, tapi yang Anda gunakan bedak merk B?

Menjadi AdSense Publisher
Sepertinya ini topik yang paling familiar tentang mencari uang dari internet, Google AdSense, yaitu cara mendapatkan uang dengan memasang iklan dari Google. Banyak artikel bertebaran tentang AdSense ini, dari mulai penjabaran tentang apa itu AdSense sampai trik-trik khusus memaksimalkan penghasilan via AdSense tersebut.

Tak sedikit pula buku yang membahas secara khusus tentang ini, diantaranya bahkan dengan judul yang bombastis seperti ‘Cepat Kaya dengan AdSense’, atau yaaa… yang mirip-mirip begitu lah.

Memang banyak orang yang sudah bisa menggantungkan hidup dari AdSense dan penghasilannya lebih besar dari kerja dikantoran. Cuma yang harus diingat, untuk sampai pada posisi tersebut tidaklah mudah, butuh konsistensi, kerja keras bertahun-tahun, serta terus berinovasi agar bisa menjadi lebih baik disbanding publisher lainnya.

Kalau dulu publisher AdSense lebih banyak memasang AdSense pada situs mereka, sekarang ada pilihan lain yaitu dengan memasang AdSense pada video yang kita upload di YouTube.

Menjual eBook
Mirip-mirip dengan menjual karya kreatif lainnya sebetulnya, bedanya disini yang dijual adalah sebuah buku digital yang bisa berisi apa saja, namun kebanyakan sih yang berisi semacam tutorial atau ‘How to”. Bisa eBook yang membahas tentang internet marketing, tentang membuat miniatur kapal laut, atau bisa juga yang membahas tentang yoga. Semua punya pasarnya tersendiri.

Menjadi Pembicara atau Motivator
Kalau Anda suatu saat nanti sudah pada posisi sebagai Netpreneur sukses, yaitu orang yang sudah bisa mendapat penghasilan besar dari internet, Anda bisa menawarkan diri menjadi pembicara atau nara sumber pada acara-acara tertentu dan membagikan pengalaman Anda tersebut.

Anda bisa keliling tanah air gratis plus dibayar bila sering diundang sebagai pembicara, enak kan? Sekarang tinggal siapkan diri agar bisa sampai pada posisi tersebut.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment