May 5, 2014

Uang dari Internet? Memang Ada! - Bagian 1

Yap, mencari penghasilan dari internet memang bukan sesuatu yang mustahil, bahkan sudah banyak yang melakukannya. Hanya saja jangan terjebak iklan-iklan penuh janji manis yang bisa memberikan penghasilan puluhan juta dalam waktu singkat. Iklan seperti itu bisa dipastikan akan menyuruh Anda mencari downline, hingga membuat Anda harus melakukan hal yang sama; menjual janji-janji manis agar ada yang mau mentransfer uangnya pada Anda.

Mencari uang di internet butuh kerja keras, pantang menyerah, kreatif dan terus-menerus belajar karena internet adalah sesuatu yang sangat dinamis. Sepuluh tahun yang lalu mungkin belum banyak orang mengenal facebook, tapi hari ini sosial media tersebut sudah menjadi suatu kebutuhan, dilahap orang sejak pertama kali bangun. Bahkan penciptanya menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Saya akan mencoba menjabarkan beberapa cara mencari uang dari internet secara lebih luas, tak hanya menjadi pemasang Adsene atau menjual produk afiliasi, tapi juga dengan cara menjual jasa kreatif.

Baik kita mulai saja beberapa hal yang saya ketahui berdasarkan pengalaman saya. Saya perlu ingatkan bahwa saya bukan ahli internet marketing, hanya sekedar berbagi ilmu sebatas yang saya tahu.

Jualan On-line
Dari judulnya jelas, jualan. Jadi tak jauh beda dengan jualan konvensional, kita butuh produk yang harus dijual, butuh modal untuk membeli produk-produk tersebut. Bedanya, dengan jualan online kita bisa menjangkau konsumen dalam wilayah yang sangat luas selama ada jasa pengiriman semacam Tiki atau JNE yang bisa menjangkau area tersebut. Anda bisa berjualan menggunakan website lengkap dengan shopping cart, atau hanya menggunakan blog, bahkan melalui media social semacam facebook dan twitter.

Menjual Jasa Melalui Internet
Kalau Anda memiliki keterampilan semacam graphic design, ilustrasi, menggambar, 3D, bahasa inggris atau programming, maka Anda punya kesempatan luas menjual keterampilan tersebut di internet dengan mencari klien dari segala penjuru dunia. Anda cukup menyiapkan portofolio, memasangnya di website, blog, forum-forum internasional atau juga media social. Biasanya portofolio tersebut yang menjadi penentu apakah Anda akan dapat tawaran pekerjaan atau tidak. Dengan kualitas portofolio yang baik orang tak akan melihat latar belakang pendidikan. Untuk proses pembayaran Anda harus menyiapkan account PayPal yang bisa Anda buat secara gratis asal Anda memiliki kartu kredityang masih berlaku.

Bersambung...ke bagian 2
Reactions:

0 comments:

Post a Comment