Mar 21, 2014

Unlimited Web Hosting yang Tidak Benar-benar Unlimited

Setelah sebelumnya saya menulis tentang Web Hosting Unlimited yang terlalu bagus untuk jadi kenyataan, sekarang saya akan menceritakan pengalaman saya dua tahun menggunakan jasa tersebut sampai akhirnya memutuskan berhenti.


 - Unlimited Web Hosting yang saya gunakan, lunarpages, menawarkan kuota unlimited serta add-on domain sampai dengan 99 domain. Awalnya saya hanya mengistall satu buah CMS Joomla menggunakan fasilitas installer yang ada di CPanel. Lalu bertambah, sampai dengan sekitar 5 buah website berbasis Joomla. Hingga kemudian ketidak nyamanan mulai muncul, website tidak bisa diakses, being suspended, karena berbahaya, mengandung virus, dll.

 - Bagian support membalas dengan mengirimi keterangan yang sangat teknis, yang bagi saya sebagai pembuat website dengan pengetahuan seadanya, sangat sulit dimengerti. Akhirnya saya mengistall ulang, dan memposting ulang. Tapi kejadian ini ternyata berlangsung lagi, dan lagi, dan lagi. - Setelah saya mencari review tentang web hosting tersebut, ternyata saya mendapati ada beberapa konsumen yang mengalami kejadian yang sama. Bahkan konsumen yang situsnya mendapatkan banyak visitor malah disuspend tanpa alas an yang jelas.

- Berdasarkan review-review yang say abaca, akhirnya saya mengirim email dengan isi yang agak keras, bahwa saya tahu permainan kotor mereka, dan akan menyebarkannya ke forum-forum. Lalu saya bernegosiasi bahwa saya hanya akan menginstall 2 buah domain saja, tidak lebih, tapi jangan ganggu website saya tersebut.

- Pihak customer support tentu saja menyanggah, dan menjelaskan bahwa tak ada kebijakan untuk membatasi add-on domain. Anehnya, setelah beberapa lama, saya tes untuk menambahkan add-on domain lagi, ternyata memang sudah diblok, alias saya memang tak bisa menambahkan domain tambahan lagi.

- Setelah sekian lama, website saya aman-aman saja tanpa masalah, hingga belum lama ini kedua website saya kembali mengalami kejadian seupa, tak bisa diakses, disuspend tanpa adanya pemberitahuan, benar-benar membuat saya panik. - Akhirnya saya putuskan untuk memindahkan website tersebut ke hosting lokal yang kebetulan saya gunakan untuk beberapa website saya yang lainnya.

- Tidak seperti lunarpages, jasa web hosting lokal yang saya gunakan ini lebih co-operatif. Website saya yang berbasis wordpress dan Joomla sebetulnya mendapat banyak serangan, karena menggunakan nama admin ‘Admin’ atau ‘Administrator’.

- Pihak web hosting akhirnya berinisiatif mengubah user login tersebut. Serta menambahkan login tambahan untuk menghindari program otomatis yang bisa membuat user account atau menembus halaman administrator tanpa harus men-suspend website milik saya.

- Jadi point saya, bila dianggap merugikan, pihak web hosting unlimited akan membuat situs kita seperti bermasalah, membahayakan, mengganggu pengguna lainnya hingga account kita bisa disuspend secara sepihak tanpa pemberitahuan apapun.

So, jangan mudah tergoda iklan bombastis yang seringkali menyembunyikan persyaratan atau kebohongan dibelakangnya.
Categories:

0 comments:

Post a Comment