Mar 20, 2014

Unlimited Web Hosting? Too Good To Be True

Selain banyak jasa web histing yang menawarkan tariff sewa bervariatif antara 10 mb sampai di atas 1 Gb, banyak pula jasa web hosting yang menawarkan service Unlimited web hosting, terutama perusahaan web hosting dari luar negeri.


Apa sih itu Unlimited Web Hosting? Artinya, kita boleh menyimpan data di hosting sebanyak-banyaknya, tanpa batas. Bahkan dengan fasilitas add-on domain sampai puluhan. Wow, enak sekali bukan? Memang sih dari pada kita sewa hosting local dengan kapasitas 1.000 mb misalnya, harganya mungkin tidak jauh beda dengan sewa hosting unlimited dari perusahaan luar.

Tapi namanya iklan, pasti menawarkan janji-janji sorgawi yang bisa menjerat kita bila kurang hati-hati dalam memilih. Berikut hal-hal yang harus diketahui mengenai tawaran jasa web hosting Unlimited berdasarkan pengalaman saya menggunakan jasa perusahaan dari Amerika, lunarpages.com

 - Jangan berharap bisa benar-benar unlimited meng-upload data ke hosting. Itu hanya trik marketing untuk menarik minat calon konsumen.

 - Pada dasarnya perusahaan ingin mencari untung. Jadi kalau ada konsumen yang berlebihan menggunakan kuota atau add-on domain, dan dianggap merugikan, akan dicari cara agar si konsumen membatasi penggunaan kuato, bahkan agar si konsumen berhenti berlangganan.

- Harga yang dipasang biasanya untuk tahun pertama. Jadi pada tahun berikutnya Anda akan dikenakan tariff yang lebih tinggi.

 - Ingat, bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Jadi saat ada masalah, Anda harus menyampaikannya dalam bahasa Inggris. Jawabannya pun pastinya dalam bahasa Inggris, ditambah pula dengan bahasa teknis yang mungkin terasa asing bagi kita.

 - Pembayaran biasanya menggunakan kartu kredit. Bagi Anda yang masih sangsi atas keamanan penggunaan kartu kredit untuk pembayaran di internet, mungkin hal ini terasa memberatkan.

Sementara untuk jasa hosting lokal pembayaran bisa menggunakan cara transfer bank. Saya bukan pengusaha yang mengelola jasa web hosting, jadi tujuan penulisan di atas bukan untuk membela jasa web hosting lokal.

Hanya sekedar berbagi pengalaman tentang menggunakan jasa web hosting dari luar. Tapi bila Anda tetap akan menggunakan jasa web hosting dari luar, carilah review tentang penyedia jasa web hosting yang akan Anda pilih. Banyak situs yang menyediakan review semacam itu.
Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment