Mar 14, 2014

Menjaga Keamanan Website

Setelah kita membahas tentang menggunakan jasa web designer, kita bisa mengambil beberapa langkah untuk menjaga keamanan website kita.

 - Bila menggunakan jasa web designer perorangan atau freelance, sebisa mungkin kita mendaftar sewa hosting dan domain oleh kita sendiri, lalu buat password sementara untuk akses ke hosting tersebut selama proses pembuatan websitenya. Setelah selesai, ganti lagi password tersebut yang hanya diketahui oleh kita sendiri.

 - Bila menggunakan jasa perusahaan, yang menawaran paket pembuatan website plus sewa hostingnya, biasanya si penyedia jasa tersebut akan ikut concern menjaga keberlangsungan situs tersebut agar kita tetap berlangganan hosting dan domain ke mereka.

 - Bila menggunakan blog gratisan, jangan gunakan fitus ‘save password’ yang biasa ditawarkan oleh browsernya, apalagi kalau kita berbagi computer dengan orang lain. Pilih ‘never’ agar aman, dengan catatan harus selalu ingat passwordnya. Buatlah notes tentang password ini yang bisa kita lihat sewaktu-waktu kalau kita lupa.

 - Bila menggunakan aplikasi FTP client, jangan menggunakan fitur bookmark untuk mengakses server.

 - Bila menggunakan system pembuatan website (CMS – Content Management System) seperti Wordpress atau Joomla, gunakan plug-in atau modul yang bisa menambahkan alamat URL tambahan untuk mengakses halaman administrator, karena halaman administrator dari Wordpress dan Joomla menggunakan alamat subdomain yang sama untuk setiap websitenya, misalnya www.domain.com/wp-admin

 - Biasakan membuat back-up dari konten situs Anda. Bila membuat artikel, ketiklah di aplikasi Ms-Word dan save ke computer, lalu copy-paste untuk meng-update artikel di situs Anda. Jangan menulis langsung di halaman administratornya saat Anda terkoneksi ke internet.
Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment