Mar 26, 2014

Belanja Anyone? ( Part 2 ) Belanja Online di Situs Besar Amazon

Situs yang mengambil nama dari nama sungai ini, dulunya lebih fokus ke penjualan buku saja, tapi sekarang ini menambah koleksinya dengan menjual barang lain selain buku. Sebagai penggemar membaca, tentu kalau mengandalkan koleksi buku yang ada di toko lokal kita tak akan mendapatkan pilihan yang banyak.

Di Amazon ini banyak sekali koleksi yang dijajakan dari berbagai category. Beberap koleksi buku asing yang ada di Amazon mungkin bisa dibeli di toko buku yang menjual buku-buku asing seperti Kinokuniya, atau Aksara dan Basheer.

Di toko tersebut kita bisa membelinya dengan harga rupiah. Jadi kalau Anda mau mebeli buku asing di toko tersebut, ada baiknya mengecek harga aslinya yang dalam dolar, trus ditambahkan biaya pengiriman yang juga dalam dolar. Setelah dikonversi ke dalam rupiah, coba bandingkan, apakah harganya lebih mahal atau lebih murah. Kalau harga di Amazon lebih murah, misalnya pas nilai tukar dolar sedang turun seperti sekarang ini, ada baiknya Anda mencoba berbelanja online dari situs tersebut.

Untuk berbelanja online, Anda hanya tinggal mendaftarkan data diri plus alamat, serta mendaftarkan kartu kredit yang Anda punya. Ya, ya.. bagi orang awam seperti saya, isu belanja online menggunakan kartu kredit memang sedikit mengganggu pikiran saya, apakah aman? Untuk mengurangi rasa khawatir tersebut, mungkin ada beberapa langkah yang bisa diperhatikan untuk meminimalisir resiko pencurian data kartu kredit Anda;

1. Hubungi bagian CS kartu kredit Anda, tanyakan apakah bila ada tagihan dari luar negeri akan didebet secara langsung, atau kah Anda sebagai pemegang kartu kredit akan ditelpon dahulu untuk konfirmasi mengenai tagihan tersebut. Sebaiknya Anda meminta agar semua tagihan dari luar negeri dikonfirmasikan terlebih dahulu kepada Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Sebaiknya tidak berbelanja menggunakan komputer yang di-share dengan orang lain. Jangan lupa juga untuk selalu me-log out setiap habis log in ke situs belanja tersebut.

3. Jangan menggunakan opsi penyimpanan data user beserta password secara otomatis. Ini akan memudahkan orang untuk login menggunakan data Anda tersebut dan menggunakannya untuk kepentingan mereka.

Hal ini berlaku juga untuk account email dan facebook Anda. Harga buku yang ditawarkan di Amazon bisa berubah-ubah, kadang turun, kadang naik lagi. Harga buku tersebut tentunya belum termasuk biaya pengiriman.

Lamanya pengiriman tergantung jenisnya, mau yang reguler atau yang kilat. Untuk yang reguler, estimasi pengiriman sekitar satu bulan, tapi pengalaman saya biasanya paket bisa sampai seminggu lebih cepat dari yang diperkirakan.

Oya, biasanya Anda akan dikenakan biaya sebesar tiga ribu rupiah oleh pak pos yang mengantarkan paket Anda tersebut. Amazon juga menawarkan harga yang lebih murah untuk pembelian beberapa buku sekaligus. Penawaran tersebut biasanya ada di bagian bawah untuk buku yang sudah ditentukan. Selain itu, kalau Anda punya account di Amazon, Anda bisa ikut program affiliasi dengan memasang baner dari produk-produk yang dijual di Amazon.

 Kalau ada orang yang belanja lewat situs Anda, tentunya akan mendapatkan konpensasi senilai tertentu.
Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment