Mar 26, 2014

Belanja Anyone? ( Part 3 ) Belanja di Toko Komputer Online lokal

Di Indonesia ini, toko komputer online yang paling terkenal mungkin Bhineka.com. Saya pernah beberapa kali secara langsung di toko tersebut, tapi baru sekali belanja secara Online. Toko Bhineka ini, baik yang di Mangga Dua atau pun yang di Pont Square, secara tampilan terlihat berbeda dibanding toko komputer lainnya.

Bagian depannya tampak lebih terbuka dan luang hingga pengunjung bisa leluasa masuk dan berbelanja. Hanya saja, ruang yang luang itu justru membuat barang yang dijual justru tak sebanyak toko tetangga, hingga banyak barang yang harus indent bila dibeli di sana.

Kalau Anda perhatikan harga yang ada di situs bhineka, biasanya lebih mahal dari harga di toko komputer lainnya. Tapi dua kali pengalaman saya ternyata harga di toko lain justru lebih mahal dari harga yang tertera di bhineka. Jadi kadang untung-untungan, tergantung jenis barang yang akan kita beli. Mengenai CS online bhineka ini, saya tak yakin apakah situs ini ada yang menangani khusus pertanyaan-pertanyaan yang diajukan vie email atau online form.

Pengalaman saya ketika menanyakan tentang ketersediaan barang, maka email saya akan langsung mendapatkan balasan. Hanya saja isinya bukan jawaban dari pertanyaan saya melainkan autoresponder yang manyatakan terima kasih atas email yang dikirimkan, dan akan ditanggapi kemudian.

Beberapa hari saya tunggu tak jua datang email jawaban. Akhirnya saya kirimin email lagi dengan keluhan tentang email yang dikirim hanya dijawab oleh auto responder. Akhirnya email tersebut mendapat balasan dengan isi yang agak ketus, menanyakan tentang; 'apa sih yang mau ditanyakan?', kurang lebih seperti itu.

Well, mudah-mudahan ini jadi perhatian bhineka bahwa menjawab email yang masuk adalah konsekwensi dari membuka toko online. Untuk berbelanja online di bhineka, kita tak perlu registrasi atau menjadi member, walau pun akan disarankan nantinya.

Untuk pembayaran pun bhineka sudah mempunyai opsi pembayaran melalui ibanking BCA online. Jadi barang yang kita pilih akan secara otomatis terdata di situs klikbca.com. Setelah melakukan pembayaran kita akan mendapatkan email konfirmasi dan info nama CS yang bisa dihubungi kalau ada pertanyaan tertentu.

Mengenai biaya pengiriman, bhineka mempunyai simulasi penghitungan biaya, tergantung kota tujuan dan jenis pengiriaman, apakah mau yang reguler atau yang kilat. Paket yang dikirim dari bhineka diseal dengan lakban khusus bertuliskan logo bhineka, untuk mengantisipasi kalau-kalau paket tersebut dibuka di tengah perjalanan.
Categories:

0 comments:

Post a Comment