Dec 8, 2012

Polymer Clay of Iron Man Head

Nyoba-nyoba pengen belajar sculping, cuma tak tahu mesti beli bahannya di mana. Setelah searching di kaskus akhirnya ketemu juga merek Super Sculpey yang banyak direferensikan sebagai bahan clay yang banyak dipakai oleh professional. Cuma harganya itu loh, lumayan mahal. Dengan berat 454 gram, clay ini berharga lebih dari 250 ribu rupiah, maklum barang impor.

Bentuk kasar kepala Iron Man dari clay


Bentuk dasar kepala Iron Man
Kurang lebihnya bentuk kepala Iron Man yang sudah jadi. Mempertimbangkan harga clay yanh cukup mahal, maka saya akan mendaur ulang clay tersebut. bentuk kepala yang sudah jadi lalu saya buatkan moldingnya menggunakan silicone rubber. Dari hasil cetakan silicone rubber tersebut, kepala Iron Man yang terbuat dari resin disempurnakan dengan penambahan dempul lalu diamplas, berulang-ulang. sedangkan slay bisa dihancurkan dan digunakan untuk pembuatan objek lainnya.
Tapi akhirnya saya mendapatkan juga orang yang hendak menjual dengan harga miring, karena beli tapi tak terpakai.Setelah berhasil mendapatkan bahan clay, saya bereksperimen membuat kepala Iron Man dengan peralatan seadanya karena belum punya Clay Tool. Saya menggunakan tusuk sate, kayu es krim, cutter, kawat, sampai tutup parfum untuk membuat bilatan. Sebelum mulai sculping tentunya saya kumpulkan dulu referensi bentuk kepala manusia besi ini agar bisa mendapatkan gambaran yang jelas.

Bahan Super Sculpey yang belum diolah berbentuk balok dan cukup keras, jadi halus dilembekan dulu dengan cara diremas. Dari hasil percobaan akhirnya saya ketahui bahwa untuk melemaskan clay ini harus dicampur dengan baby oil agar cepat lembut dan tidak pecah-pecah. Clay sebaiknya dipotong menjadi serpihan kecil agar cepat lembek.

Untuk kawat bagian dalam, saya menggunakan kabel listrik paling tebal dan dilapisi aluminium foil agar bisa mengirit clay. Selanjutnya, dengan telaten proses pembentukan kepala Iron Man dimulai. Yang penting dicapai proporsi yang benar terlebih dahulu sebelum menambahkan detailnya.


Hasil cetakan dari silicone rubber. Kepala Iron Man dari resin ini akan dibuat maternya, dan nantinya akan dibuat cetakannya lagi menggunakan silicone rubber.
kepala Iron Man dari clay sudah dihancurkan kembali untuk digunakan membuat objek lainnya
Alat-alat sederhana untuk sculping
beberapa jenis dempul yang bisa digunakan untuk menyempurnakan bentuk master
master yang dirasa sudah bagus dan halus dipersiapkan lagi untuk dibuatkan moldingnya
hasil reproduksi dari cetakan silicone rubber yang sudah jadi

hasil yang sudah dicat

perbandingan ukuran kepala Iron Man dengan botol kratindaeng

Proses pengecatan

tampak belakang

tampak samping

tampak depan

Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment