Dec 7, 2012

Membuat Miniatur F22 Raptor - Part 9

Mengingat bentuk badan pesawat adalah silinder, maka saya memutuskan membuat cetakan berbahan resin pada objek yang berbentuk silinder, dan yang paling mudah saya dapatkan berada di sekitar rumah adalah, botol parfum!
Persiapan eksperimen membuat cetakan kaleng

Selain bentuknya memanjang, permukaannya yang terbuat dari kaleng relatif halus. Dan seperti pada cetakan tatakan gelas, cetakan botol parfum ini pun dibagi menjadi dua bagian. Untuk menyiapkan bagian pertama, menggunakan papan tipis sejenis seperti triplek – dalam eksperimen ini saya menggunakan kayu balsa – yang mudah dilubangi agar kaleng parfum bisa diselipkan diantaranya.

Bagian atas yang akan dicetak

tampak bagian bawah

Proses pembuatan cetakan, dengan mengoleskan resin, lalu matt, dan resin lagi. Lakukan minimal dua kali agar tak terlalu tipis.

Cetakan yang sudah jadi. Karena dibuat tanpa pewarna, tak tampak jelas lubang yang diakibatkan udara yang terjebak dibawah lapisan

Setelah dicat barulah tampak adanya lubang disana-sini
Untuk meratakan bagian tengahnya digunakan lilin, hingga bagian yang di bawahnya tertutup rata. Setelah diolesi Mirror Glaze, lakukan pengolesan adonan resin plus matt. Lakukan dengan rata hingga tidak ada udara yang terjebak di dalamnya.

Setelah selesai pada bagian ini, lakukan pencetakan pada bagian lainnya, dengan tak melupakan pengolesan Mirror Glaze sebelumnya.

Upsss… ternyata pada eksperimen ini hasilnya mengecewakan, banyak lubang akibat udara yang terjebak di dalamnya. Namun dari metode yang digunakan, cara ini berhasil, hanya saja dalam pengaplikasiannya kita harus telaten dalam hal mengoleskan adonan resin pada permukaan objek yang akan dicetak. Agar adonan bisa lebih melekat, bisa bereksperimen dengan jumlah talk yang dicampurkan ke dalam resin tersebut. Makin banyak talk, tentu makin kental adonannya.
Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment