Dec 8, 2012

Membuat Miniatur F22 Raptor - Part 10


Setelah menelaah kegagalan-kegagalan pada tahap-tahap sebelumnya, akhirnya saya putuskan untuk langsung mempraktekan membuat cetakan pada miniatur F22 yang saya buat dari kayu. Hal ini cukup menegangkan karena saya harus mengambil keputusan yang beresiko, yaitu memotong kedua sayap ekor bagian atas F22 Raptor tersebut!

Membuat cetakan F22 Raptor yg terdiri dari 2 bagian



Kedua keping sayap itu nantinya akan dicetak menggunakan Silicone Rubber, jadi yang akan dibuat cetakannya hanya bagian badan dan sayap sampingnya saja. Setelah sayap belakang  atas dipotong, badan pesawat disiapkan untuk dicetak, dengan menutupi bagian bawahnya dengan lilin dan mengolesinya dengan Mirror Glaze.

Bagian cetakan yang menempel akibat pengolesan Mirror Glaze yang kurang merata

Bagian atas selesai, dilanjut ke bagian bawah. Singkat kata cetakan yang terdiri dari dua bagian ini selesai dibuat, dan lanjut ke tahap berikutnya, membuat reproduksi badan F22 dari cetakan tersebut.

Dan ternyataaaaaa…

… hasilnya, karena pengolesan Mirror Glaze yang kurang merata, hasil reproduksi jadi sulit dilepaskan, hasilnya cetakan pun patah! Selain itu, cetakan yang terdiri hanya dari dua keping ternyata menyisakan masalah baru. Karena bagian bawah badan pesawat, pada mesinnya terdapat bagian yang menjorok kedalam, maka akan membuat cetakan akan tersangkut nantinya hingga sulit untuk dikeluarkan.

Master F22 yang harus dikorbankan agar bisa dibuat cetakannya

Satu lagi hasil analisa dari kegagalan ini, ternyata harus teliti memilih sambungan dari kepingan cetakan tersebut. Dan hanya dua bagian saja tidak cukup, hingga akhirnya saya mengambil kesimpulan, bahwa cetakan ini harusnya terdiri dari empat bagian! Ya, betul, empat!

Reactions:
Categories:

1 comment: