Dec 7, 2012

Membuat Miniatur F22 Raptor - Part 7

Mengolesi, atau mengoleskan, atau apa lah istilah yang tepatnya. Setelah sebelumnya membuat miniatur F22 dengan hasil objek yang solid atau tidak kopong saya nyatakan gagal, karena si cetakan tak sanggup menahan beratnya adonan fiber, maka metode lain – yang lebih irit bahan baku – yang saya coba adalah mengoleskan cairan resin yang sudah dicampur dengan katalisnya ke permukaan cetakan.
Hasil cetakan yang gagal
Proses pengolesan resin pada cetakan

masih jauh dari harapan




Si cetakan dibiarkan terbuka menjadi dua bagian, lalu saya olesi adonan resin. Setelah diolesi secara merata, saya lapisi dengan serabut fiber secara merata pula. Lalu saya olesi lagi dengan adonan resin berikutnya. Kalau satu lapis serabut fiber dirasa kurang tebal, kita bisa tambahkan satu lapisan lagi agar lebih kuat. Lalu kita olesi lagi dengan adonan resin berikutnya.

Setelah kering, maka proses berikutnya adalah menempelkan kedua bagian ini agar bisa menjadi satu kesatuan sebuah miniatur F22. Langkahnya adalah kita buat lagi adonan resin secukupnya, ditambah dengan talk agar tidak terlalu encer, lalu kita tuang ke dalam salah satu bagian cetakan, setelah itu bagian cetakan lainnya kita rekatkan lalu kita ikat kuat-kuat kedua pasangan cetakan tersebut dengan karet. Lalu kita putar cetakan tersebut agar adonan mengena pada bagian sambungan dari dua bangian cetakan tersebut. Setelah kita rasa adonan sudah melewati semua bagian sambungan, kita diamkan agar mengering. Dan bisa kita lihat hasilnya nanti.

Soooo, teryata bagaimana hasilnya?

Masih jauh dari yang saya harapkan. Jadi metode ini pun saya anggap gagal. Untuk sesaat saya merasa putus asa dan frustasi mengingat lumayan biaya yang sudah saya keluarkan.

Tapi muncul lagi keinginan untuk mencoba metode berikutnya, dan saya bertekad harus berhasil. Sejurus kemudian saya kembali larut di belantara youtube dan situs-situs lainnya agar benar-benar mendapatkan kesaktian yang cukup untuk menaklukan mahluk berbau menyengat bernama resin tersebut.

Categories:

0 comments:

Post a Comment