Dec 7, 2012

Membuat Miniatur F22 Raptor - Part 6

Cetakan sudah siap, menunggu cairan resin untuk dituangkan. Resin adalah cairan pembuat bahan komposit yang lebih kita kenal dengan nama fiberglass. 1 Kg resin saat saya buat arrtikel ini adalah Rp. 26.000,-. Cairan ini berwarna agak kemerahan, berbau menyengat dan lengket bila terkena kulit.

sarung tangan karet untuk menghindari kontak langsung dengan resin

Jadi, untuk membuat adonan fiberglass ini serta proses cetak mencetak selanjutnya, sebaiknya lakukan di luar ruangan dengan menggunakan alat-alat kerja yang memadai agar tidak membahayakan kita.

Resin dan campuran pengerasnya (katalis).

serat fiber ( matt )

Pigmen pewarna dan talk

 Untuk mengeraskan cairan resin dibutuhkan campuran/katalisnya, sebotol kecil katalis dijual dengan harga Rp. 2.000,-. Selain katalis, ada juga Talk yang bentuknya seperti tepung sebagai campurannya agar bentuk adonannya lebih kental, harganya cukup murah, sekitar Rp. 2.500. per kilonya. Kalau ingin menggunakan pewarna, ada yang namanya pigmen yang dijual dengan harga tergantung warna pigmennya, berkisar antara Rp. 8.000 – Rp. 12.000. Untuk memperkuat hasil hasil jadi fiberglass, ada serabut yang sering disebut Mate, yang ukuran 2 meter dijual dengan harga Rp. 16.000,-

Ok, lanjut ke proses penuangan tadi, setelah saya buat adonan segelas aqua cairan resin dicampur dengan sekitar 20 tetes katalis, maka cairanpun saya masukan ke dalam cetakan, hingga segelas adonan habis masuk ke dalamnya?

Apa yang terjadi selanjutnya?

Setelah beberapa saat, ternyata si cetakan tak sanggup menahan beratnya cairan resin, hingga cairannya keluar dari beberapa sisi cetakan.
SAMPAI SINI SAYA NYATAKAN METODE SEPERTI INI GAGAL

Tapi ada metode lain yang akan saya coba masih dengan menggunakan setakan silicone rubber ini, di bagian berikutnya tentunya.
Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment