Dec 4, 2012

Membuat Miniatur F22 Raptor - Part 3

Akhirnya kompresor mini yang saya pesan secara online dari situs perkakasku.com sudah datang, satu paket dengan spray gun yang saya beli dengan harga kisaran 600 ribuan. Dan karena saya pikir saya akan butuh air brushnya, maka sekalian saya pesan air brush plus selangnya.

Persiapam pengecatan

Tadinya untuk mengecat cat dasar dengan epoxy saya menggunaka air brush itu, tapi ternyata malah menyita waktu lama. Sedangkan untuk spray gun yang bawaan dari kompresornya saya rasa terlalu besar, jadi akhirnya saya membeli lagi spray gun 75 di sebuah toko material dekat rumah. Di toko itu juga saya sekalian membeli epoxy Nippe plus hardenernya seharga 55 ribu rupiah.


Compressor mini dan spray gun

Model yang akan dicat diposisikan agar mudah dicat

Stelah pengecatan pertama, diberi dempul lagi untuk menutupi lubang-lubang kecil

Pengecatan dengan epoxy untuk lapisan kedua

Bagian atas pesawat
Model pesawat yang sudah saya siapkan untuk dicat sudah saya bersihkan dari debu. Posisi pesawat saya berdirikan denggan menggunakan obeng kecil di bagian belakangnya. Setelah sapuan pertama epoxy, saya tunggu selama kurang lebih 2 jam sampai cat kering, baru kemudian ditambah sapuan kedua sampai merata. Berdasarkan cara pengecatan cat duco yang saya baca di sebuah situs furniture, maka hasil pengecatan epoxy itu saya diamkan selama satu hari sampai keesokan harinya.

Dari hasil cat epoxy tersebut bisa saya lihat masih ada permukaan yang berlubang-lubang kecil. Lubang itu saya tutupi dengan dempul san polac, lalu diamplas dengan amplas halus. Lalu dilapisi dengan epoxy sekali lagi, didiamkan lagi sampai benar-benar kering baru kemudian diamplas dengan amplas halus ukuran 360 dicampur dengan air. Dari hasil ini model siap untuk dibuat cetakannya dengan menggunakan Silicone Rubber.

Tambahan aksesoris armour untuk bagian bawah pesawat, rudal udara ke darat
Rudal dari udara ke udara


Categories:

0 comments:

Post a Comment