Dec 4, 2012

Membuat Miniatur F22 Raptor - Part 1

Terpesona oleh canggihnya pesawat paling mutakhir milik negeri adidaya Amerika ini, saya jadi ingin sekali membuat miniaturnya. Setelah Googling sana-sini dan cari-cari cara pembuatan pesawat miniatur dari kayu, saya tidak banyak mendapatkan tutorial yang komplit dan jelas. Jadi saya putuskan saja langsung praktek, trial and error dengan beberapa cara.

Lockheed Martin F-22 Raptor


Perjalanan panjang dari membuat model Raptor sampai reproduksinya ini saya tampilkan komplit disini sebagai bahan pertimbangan bagi Anda yang tertarik membuat prakarya dengan resin. Sengaja ada bagian kegagalan yang saya sampaikan juga agar Anda terhindar dati kegagalan yang sama.

Blue print F22 sebagai acuan


Penjual kayu bekas yang menyediakan berbagaimacam jenis kayu sebagai bahan baku pembuatan model pesawat

Awalnya saya mau membuatnya dari kertas dan membuat model 3D nya terlebih dahulu, lalu membuat skemanya menggunakan software Pepakura, tapi ternyata metode ini ruuumit sekali.

Akhirnya saya putuskan membuat dari kayu, bermodal pengalaman beberapa tahun yang lalu saya pernah membuat model pesawat F 15 (sebetulnya gak mirip-mirip banget sih ) dari campuran kayu, triplek, plastik dan dempul san polac.

Proses pembentukan dan penyambungan kayu dimulai

Lem kayu merk Fox digunakan untuk menyambung bagian-bagian kayu. Ditakan dengan Clam dan Ragum agar benar-benar merekat kencang

Awalnya tentu kita mengumpulkan sebanyak-banyaknya referensi, baik gambar pesawat sungguhan, pesawat F 22 model kit merek Hasegawa, F 22 model fix, dan beberapa blue print sebagai acuan. Lalu kita siapkan kayu untuk body utamanya dengan meruncingkan bagian depan serta menambah tambalan kayu untuk cockpit. Lalu ditambah menyambungkan kayu pipih untuk sayap utama, dan menambah tambalan-tambalan dempul untuk mendapatkan bentuk body yang aero dinamis. proses ini cukup memakan waktu hingga pesawat ini belum bisa saya selesaikan padahal hampir seminggu pengerjaan, disela dengan kesibukan mencari nafkah lainnya.

Bagian depan dan sayap pesawat yang sudah mulai terbentuk.
 
Categories:

0 comments:

Post a Comment