Dec 8, 2012

Membuat Miniatur F22 Raptor - Part 12

Setelah melalui jalan panjang berliku, dilanda keputus-asaan, lelah berkepanjangan, akhirnya titik terang pun mulai tampak. Penuh rasa percaya diri bahwa cetakan yang terdiri dari empat bagian ini akan memberikan hasil yang baik, maka saya pun memulai proses produksi F22 Raptor ini. 

Cetakan bagian bawah yang sudah disatukan dan diolesi Mirror Glaze


Mengoleskan adonan resin ke dalam cetakan
Hasil cetakan yang telah didempul, dihampelas dan dilapisi Epoxy

proses pelapisan epoxy warna grey dengan cat semprot

proses pelapisan epoxy warna grey dengan cat semprot

Langkah pertama, ketiga keping yang membentuk cetakan bagian bawah disatukan dengan sekrup hingga kencang. Lalu diolesi Mirror Glaze secara merata. Adonan resin yang telah disiapkan, lalu dioleskan keseluruh bagian cetakan itu, baikan cetakan atas maupun cetakan bawah. Sebagai tip and trik, untuk bagian lubang mesin, khusus bagian ini buatlah adonan yang sangat kental hingga bisa menutupi seluruh bagian yang menjorok kedepan.

setelah dicat dengan motif tertentu dan diberi decal

Setelah agak mengering, beri lapisan matt / serabut fiber yang sudah kita gunting sesuai ukuran cetakan, sampai keseluruh bagian, yang sempit sekalipun. Setelah matt terpasang secara merata, lapisi lagi dengan adonan resin. Bia diulangi bila ingin mendapat hasil yang lebih tebal.

setelah dicat dengan motif tertentu dan diberi decal


Setelah kering, buat lagi adonan untuk merekatkan kedua bagian itu. Adonan dituang di cetakan bagian bawah, lalu pasangkan bagian atasnya dan pasangkan sekrupnya dengan kencang hingga kedua bagian cetakan ini benar-benar rapat.

setelah dicat dengan motif tertentu dan diberi decal
Putar-putar cetakan agar adonan yang ada di dalam menyusuri seluruh bagian sambungan cetakan tersebut. Lakukan hingga beberapa menit dan benar-benar yankin seluruh bagian tertutupi. Diamkan hingga kering. Setelah kering buka seluruh sekrup, dan lepaskan seluruh bagian cetakan dengan hati-hati, diiringi doa agar diberi kekuatan.

Bila segala sesuatunya telah dilakukan dengan benar, maka kita akan mendapatkan badan pesawat F22 yang bisa kita dandani di proses berikutnya. Namun sebelumnya, jangan lupa menempelkan bagian ekor atas yang telah kita buat dengan Silicone Rubber. Untuk menempelkan sirip ini gunakan adonan resin juga, dan gunakan lilin sebagai pengganjal agar posisinya bisa sesuai dengan yang kita inginkan.

Selanjutnya adalah proses pendempulan untuk menutupi bagian sambungan dan beberapa lubang yang mungkin ada di sana sini. Amplas bagian-bagian yang telah didempul tadi bila sudah kering. Setelah semua bagian dirasa cukup halus, semprot dengan Cat primer atau epoxy sebelum diberi cat sebagai finishingnya.
Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment