Dec 8, 2012

Membuat Miniatur F22 Raptor - Part 11

Setelah gagal untuk kesekiankalinya membuat cetakan F22, maka selanjutnya saya akan menerapkan hasil analisa saya untuk membuat cetakan yang terdiri dari empat bagian.

Persiapan membuat cetakan bagian atas



Tahap pertama: membuat cetakan bagian atas pesawat. Bagian pesawat ini cukup terdiri dari satu bagian saja karena bentuk permukaan yang relatif lebih simple.

Bagian bawah depan

Tiga keping cetakan bagian bawah

Pemberian lubang sekrup sebelum cetakan dilepas

Cetakan bagian bawah yang telah dihaluskan pinggirannya dengan amplas

Seluruh bagian terpisah tampak dalam

Seluruh bagian terpisah tampak luar

setelah bagian bawah disatukan, cetakan seperti terdiri dari 2 bagian saja

Tahap Kedua: menyiapkan bagian bawah depan. Tahap ini dilakukan setelah bagian atas mengeras. Seluruh permukaan bagian atas diolesi Mirror Glaze secara merata agar mudah dilepaskan nantinya. Bagian ini terkonsentrasi meliputi bagian moncong dan bagian yang menjorok kedalam lubang mesin. Kelak bila saatnya bagian ini jadi, untuk melepaskannya dengan mendorong kerah depan bawah menjauhi lubang mesin.

Tahap Ketiga: Bagian samping belakang bagian kiri. Bagian ini dibuat setelah bagian depan mengeras. Dan sebagai pembatas bagian tengahnya digunakan lilin.

Tahap keempat: Bagian samping belakang bagian kanan. Bagian ini dibuat setelah bagian kiri mengering.

Catatan:
  • Jangan lupa untuk membuat lubang kuncian pada lilin.
  • Pastikan lilin pembatas cukup tinggi agar sambungan cetakan memiliki tempat yang cukup untuk lubang sekrup.
  • Jangan lupa melubagi setiap sambungan cetakan sebagai posisi sekrup sebelum masing-masing bagina tersebut dilepaskan dari master F22 nya.
  • Setelah semua bagian mengering dan cukup keras – normalnya sekitar 1 hari agar cetakan benar-benar keras – lepaskan masing-masing bagian dengan hati-hati menggunakan obeng minus. Setelah terlepas sedikit, ganjal bagian tersebut dengan kayu tipis atau obeng lainnya, lalu mulai lepaskan bagian lainnya.
Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment