Setelah gagal untuk kesekiankalinya membuat cetakan F22, maka
selanjutnya saya akan menerapkan hasil analisa saya untuk membuat
cetakan yang terdiri dari empat bagian.
|
Persiapan membuat cetakan bagian atas |
Tahap pertama: membuat cetakan bagian atas pesawat.
Bagian pesawat ini cukup terdiri dari satu bagian saja karena bentuk
permukaan yang relatif lebih simple.
|
Bagian bawah depan |
|
Tiga keping cetakan bagian bawah |
|
Pemberian lubang sekrup sebelum cetakan dilepas |
|
Cetakan bagian bawah yang telah dihaluskan pinggirannya dengan amplas |
|
Seluruh bagian terpisah tampak dalam |
|
Seluruh bagian terpisah tampak luar |
|
setelah bagian bawah disatukan, cetakan seperti terdiri dari 2 bagian saja |
Tahap Kedua: menyiapkan bagian bawah depan. Tahap ini
dilakukan setelah bagian atas mengeras. Seluruh permukaan bagian atas
diolesi Mirror Glaze secara merata agar mudah dilepaskan nantinya.
Bagian ini terkonsentrasi meliputi bagian moncong dan bagian yang
menjorok kedalam lubang mesin. Kelak bila saatnya bagian ini jadi, untuk
melepaskannya dengan mendorong kerah depan bawah menjauhi lubang mesin.
Tahap Ketiga: Bagian samping belakang bagian kiri.
Bagian ini dibuat setelah bagian depan mengeras. Dan sebagai pembatas
bagian tengahnya digunakan lilin.
Tahap keempat: Bagian samping belakang bagian kanan. Bagian ini dibuat setelah bagian kiri mengering.
Catatan:
- Jangan lupa untuk membuat lubang kuncian pada lilin.
- Pastikan lilin pembatas cukup tinggi agar sambungan cetakan memiliki tempat yang cukup untuk lubang sekrup.
- Jangan lupa melubagi setiap sambungan cetakan sebagai posisi sekrup
sebelum masing-masing bagina tersebut dilepaskan dari master F22 nya.
- Setelah semua bagian mengering dan cukup keras – normalnya sekitar 1
hari agar cetakan benar-benar keras – lepaskan masing-masing bagian
dengan hati-hati menggunakan obeng minus. Setelah terlepas sedikit,
ganjal bagian tersebut dengan kayu tipis atau obeng lainnya, lalu mulai
lepaskan bagian lainnya.
0 comments:
Post a Comment