Dec 1, 2012

Lumpia Isi Suka-suka

Saya suka makan lumpia goreng, yang isinya rebung dengan bumbu gula kental plus cabai hijau. Perpaduan yang luar biasa kalau dimakan panas-panas, bisa membuat mulut kita mengeluarkan api. Dulu lumpia seperti itu harganya masih 2500 rupiah, tapi sekarang sudah seharga 5000 rupiah. Makanya saya sebal dan bertekad untuk membuat lumpia sendiri.

Lumpia goreng buatan sendiri

Tapi membuat lumpia berisi rebung susah untuk mencari bahan-bahan untuk isinya. Jadi saya bikin variasi lain dengan bahan isi yang gampang didapat di supermarket terdekat. Sebelumnya saya sempat googling beberapa resep lumpia, ada lumpia isi sea food, isi sayur atau yang isi jamur. Saya memutuskan memadukan beberapa di antaranya, dan membuat lumpia isi suka-suka versi saya. Ini dia ceritanya.
Bahan isi yang terdiri dari kentang, daging, baso, sosis, dll.

Untuk isi saya menggunakan kentang, sosis, smoked beef, baso, jamur kancing, bawang bombay, semuanya dipotong kecil-kecil kotak. lalu campur dengan seledri dan daun bawang. Untuk bumbunya saya menggunakan bawang putih, bawang merah, merica, garam, gula. Bumbu diulek sampai halus lalu digoreng. Setelah harum, masukan campuran isi sampai matang. Tiriskan.

Lumpia yang sudah selesai digoreng
Untuk kulit lumpia, banyak dijual juga di supermarket terdekat. Masukkan bahan untuk isi yang sudah digoreng tadi, lalu gulung kulit lumpianya. Untuk melekatkan ujung kulit, gunakan putih telur. Lalu goreng dan sajikan dengan penuh rasa percaya diri.

Categories:

0 comments:

Post a Comment