Jul 28, 2015

Memulai Karier Sebagai Visualizer / Storyboard Artist - Part 1

Apa itu storyboard artist? Storyboard artist adalah sebuah profesi yang membutuhkan keahlian dalam menggambar. Gambar yang dibuat oleh storyboard artist berdasarkan arahan seorang sutradara film atau sutradara iklan, dan merupakan representasi ide-ide dari sang sutradara tersebut sehingga bisa dimengerti oleh tim kerja maupun oleh client.



Adegan pada storyboard
Adegan sesungguhnya pada iklan
Gambar-gambar yang dibuat pada storyboard bisa dibilang sebagai "mata kamera", karena kurang lebih gambar yang ada pada frame tersebut nantinya akan menjadi frame pada film atau iklan yang bisa dinikmati oleh penonton.

Maka, pembuatan gambar pada storyboard tidak bisa asal-asalan, komposisinya harus pas seperti yang diinginkan sutradara, begitu juga angle tau sudut pandang, adegan yang ditampilkan, ekspresi pada wajah, hingga latar belakang, semua harus disesuaikan dengan kondisi pada saat shooting nantinya.

So, Anda tertarik untuk menjadi seorang storyboard artist? Mungkin tips-tips berikutnya bisa bermanfaat buat kalian yang ingin memulai professi ini, karena dalam membuat storyboard, bisa menggambar saja tidak cukup.

Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment