Aug 3, 2014

Membuat Rak Buku Custom Dari Plywood

Rak buku yang akan kita buat menggunakan bahan multiplex atau plywood atau triplek dengan ketebalan 18 mm. Bahan multiplex ini bisa dengan mudah didapatkan di toko material. Pertama kita harus membuat dulu rancangan bentuk lemari buku tersebut. Disini saya membuat rak dengan ukuran yang disesuaikan dengan lebar multiplex tersebut agar tak terlalu banyak membuat potongan.



Bahan multiplex yang sudah dipotong-potong sesuai ukuran rak yang sudah kita rencanakan
Sambungan pada ujung/sudut multiplex menggunakan sekrup gipsum. Awalnya kita membuat coakan pada permukaan multiplex dengan mata bor berukuran lebih besar, lalu dilanjutkan dengan membuat lubang menggunakan mata bor yang lebih kecil.
Bentuk awal rak yang sudah dipasangkan menggunakan sekrup.

Disini saya bereksperimen melapisi permukaan multiplex dengan fiberglass. Anda bisa juga menggunakan dempul 'San Polac' sebagai gantinya.

Ujung-ujung kayu dan kepala sekrup ditutupi dengan dempul agar sambungan terlihat rapi.

Permukaan kayu dilapisi dempul 'San Polac' secara merata, diampelas, lalu dicat, diampelas lagi campur air, lalu dilapisi lagi dengan dempul merk 'Isamu'.

Sekat-sekat yang sudah dipasangkan sesuai rancangan, semuanya dilapisi dempul lalu diamplas dan dicat hingga rata. Ulangi bila perlu untuk mendapatkan hasil cat yang diinginkan.



Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment