Sep 29, 2014

Membuat Batu Hias Menggunakan Kertas Decal

Batu biasanya dianggap sebagai benda tak menarik, yang fungsinya untuk diinjak-injak. Tapi dengan sedikit kreatifitas batu pun bisa dijadikan hiasan dan mendapat derajat yang lebih tinggi. Biasanya untuk menghias batu, orang menghiasnya dengan melukis menggunakan cat akrilik atau cat lainnya. Iya kalau bisa melukis, kalau nggak?


Nah, disini saya punya cara lain untuk menghias batu kerikil putih tanpa harus memiliki kemahiran menggambar atau melukis. Anda hanya perlu mencari gambar apapun yang anda suka dari internet, lalu mencetaknya di atas kertas decal untuk nantinya ditempelkan di batu tersebut.

Kertas decal adalah semacam stiker yang cara menempelkannya menggunakan air. Kertas ini biasa digunakan untuk menempelkan gambar pada mainan modeling atau kit. kertas ini bisa didapat dengan mudah dari penjual online.

Pertama, kumpulkan batu koral putih yang berbentuk pipih dan halus

Cuci bersih agar terbebas dari debu dan noda

Keringkan batu yang telah dicuci

Untuk menyusun dan mengedit gambar, dibutuhkan keterampilan olah digital menggunakan aplikasi Photoshop. Susun gambar seseuai rata-rata ukuran batu. Jangan terlalu rapat agar mudah mengguntingnya. Usahakan juga gambar bisa disusun secara maksimal ke dalam kertas decal yang berukuran A4, karena harga kertas decal tidak murah.

Gambar yang telah dikumpulkan disusun dan diedit ukurannya sesuai besar batu

Gambar yang telah diprint dilapisi dengan cat semprot clear atau bening. pastikan seluruh permukaan tertutup secara merata. Biarkan sampai kering. Jangan terkena matahari langsung karena cat bisa mengkerut seperti kulit nenek-nenek nantinya. Pastikan juga jangan terkena debu dan dosa, debu dan noda maksudnya.

Gambar diprint di kertas decal, lalu lapisi dengan cat semprot bening

Gambar yang telah dilapisi cat bening/clear terlihat mengkilat

Potong-potong gambarnya

Pasangkan gambar dengan batu yang ukurannya sesuai

Rendam kertas decal dalam air antara 10-20 detik, lalu perlahan geser bagian atasnya. Kalau sudah bisa bergeser sedikit, decal sudah bisa ditempelkan. Angkat dari air, lalu bagian ujung yang bergeser dari kertas tempelkan pada batu. Bagian atas ditahan oleh jempol sedangkan bagian kertas yang ada di bawah ditarik perlahan dengan telunjuk.

Setelah kertas terlepas ratakan permukaan decal jangan sampai ada yang berkerut atau terlipat. Biarkan kering dengan sendirinya. Jangan dilap atau dijemur.

Kertas decal siap ditempelkan pada batu menggunakan air bersih

Untuk hasil yang lebih maksimal, batu yang telah ditempeli decal dilapisi lagi dengan cat bening.

batu yang sudah ditempeli gambar

Agar tampilan jadi lebih menarik, variasikan dengan benda lain agar hiasan batu bisa dipajang. Kalau tampilan  sudah cukup menarik, tak ada salahnya untuk coba menjualnya bukan? Selamat berkarya.

Batu hias yang ditempel pada kayu. Jangan lupa diberi lapisan cat bening lagi.

 
 Video tutorial cara membuat batu hias menggunakan kertas decal bisa dilihat di
https://www.youtube.com/watch?v=W-6c3Pz51bI
Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment