Dec 8, 2012

Mencari Kerja, Ijazah Saja Tidak Cukup

Setiap tahun jumlah pencari kerja semakin bertambah, sementara jumlah lowongan pekerjaan sangat terbatas. Maka pertarungan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi sesuatu yang sangat berat dan terasa menakutkan. Apalagi bila bertarung hanya mengandalkan selembar ijazah yang juga dimiliki oleh jutaan pencari kerja lainnya.

Ya, di zaman sekarang ini mencari kerja hanya dengan mengandalkan ijazah saja tidak lah cukup. Kita harus mempunyai keterampilan yang bisa memberikan nilai tambah bagi diri kita di mata orang lain. Keterampilan itu lah justru yang bisa menentukan kita bisa mendapatkan gaji yang besar atau kecil. Keterampilan semacam itu akan lebih terasa manfaatnya bila kita hendak terjun di industri kreatif.

Di industri kreatif, khususnya industri animasi, saat kita hendak mengajukan lamaran pekerjaan maka hal yang paling penting yang akan dinilai adalah kemampuan kita dalam mencipta dan berkreasi dalam bidang Computer Graphic. Kemampuan itu meliputi segi modeling, texturing, animating, rigging, lighting & rendering serta compositing. Kemampuan itu kemudian di kemas dalam sebuah demo reel. Demo reel ini adalah kumpulan karya kreatif yang telah kita buat yang bisa menunjukkan sejauh mana kemampuan kita dalam berkarya di industri kreatif, dalam hal ini industri animasi 3D khususnya. Bila demo reel yang kita miliki bisa memikat pihak yang akan mempekerjakan kita, maka bisa jadi ijazah yang Anda miliki tak akan dipertanyakan lagi.

Belajar animasi 3D sendiri tentu bisa belajar dari mana saja. Dari buku-buku yang banyak dijual di toko buku, dari video tutorial yang bisa kita beli di toko CD atau download dari internet, dari forum-forum komunitas animator di dunia maya, dan dari tempat penyelenggara kursus animasi 3D khususnya.
Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment