Dec 1, 2012

GRC Board Sebagai Pengganti Kanvas

Harga kanvas buat melukis sekarang makin mahal. Itu juga tergantung dari jenisnya. Kalau yang lebih tebal dan kualitas lebih bagus, tentu harganya lebih mahal. Saya yang kebetulan suka melukis, kadang mencari alternatif lain sebagai pengganti kanvas.

Contoh lukisan menggunakan media selain kanvas

Mulai dari kain belacu yang dilapisi pakai cat tembok, trus triplek yang dilapisi kertas dan lem kayu, hardboard, dan yang terakhir saya menggunakan GRC board.

GRC board bahan bakunya seperti semen, tidak cepat rusak bila terkena air. Kebetulan ada sisa sehabis renovasi rumah kemaren, saya coba menggunakannya untuk melukis menggunakan cat minyak. Sebelum digunakan, GRC board saya lapisi terlebih dahulu dengan cat tembok warna putih.

Contoh lukisan menggunakan GRC Board
Dari segi harga, selembar GRC board saya beli seharga Rp. 42.000,-, dengan lebar sama seperti lebar triplek. Sisa GRC board yang bagian sisinya tidak rata saya potong dulu menggunakan gergaji, lalu dihamplas agar tidak kasar. Setelah siap, media pengganti kanvas ini pun siap digunakan. Kalau sudah selesai, lalu diberi pigura, maka lukisan tersebut akan tampak artistik dan orang tak akan menyangka bahwa itu terbuat dari barang bekas.

Cat minyak
Categories:

0 comments:

Post a Comment